CARA MUDAH MEMPERCEPAT LOADING BLOG

blog ringan, cepat loading, kompres html, kompres template blog, kompres cssMempercepat loading blog dengan CSS dan HTML Compressor -

Mempunyai blog atau website yang ringan dengan loading yang cepat adalah dambaan semua blogger, karena blog yang ringan merupakan salah satu faktor utama yang akan mempengaruhi trafik pengunjung. Karena pengunjung kebanyakan tidak ingin menunggu lamanya loading tersebut untuk dapat membaca artikel dan info di blog anda. Bukan tidak mungkin karena terlalu lama loading pengunjung langsung saja meninggalkan blog tersebut, dan ini tentunya akan meningkatkan angka Bounce Rate blog anda.

Salah satu faktor yang menyebabkan lambatnya loading adalah karena terlalu banyak kode-kode HTML yang kita pasang di blog, selain ukuran gambar ataupun banyaknya Script dan widget yang digunakan. Pada postingan kali ini saya akan share bagaimana menyiasati agar blog atau website kita mudah atau ringan untuk di load adalah dengan mengoptimalkan file CSS. Salah satu cara agar file CSS anda bisa optimal adalah dengan cara mengkompres file tersebut baik secara manual ataupun secara otomatis dengan menggunakan tool CSS Compressor. Secara manual tentunya anda harus lebih teliti memilah mana yang dapat dirangkum dan mana yang berdiri sendiri, Jadi saran saya gunakan saja tool online yang telah banyak disediakan di internet. Sebagai contoh sobat bisa menggunakan


Teknik kompresi pada CSS paling tidak mampu meningkatkan performa loading page blog anda. Disini bukan dalam artian super cepat ya, tapi cenderung ke arah optimalisasi CSS. Jika anda memang tertarik menggunakan tool ini, maka saya sarankan sebaiknya backup dulu template anda dan simpan di komputer. Ok, langsung aja berikut langkah cara kompresi CSS dengan CSS Compressor :

1. Buka situs css compressor online, disini saya gunakan situs: http://www.cssdrive.com/index.php/main/csscompressor/ , saya sarankan untuk yang baru utak atik CSS jangan langung mencoba mode Super Compact dan Strip All Comments..sebaiknya gunakan mode Light atau normal dan don't strip any comments terlebih dahulu. Untuk yang sudah mengerti bisa mencoba level kompresi selanjutnya pada pilihan http://www.cssdrive.com/index.php/main/csscompressoradvanced/

2.  Cari kode CSS yang akan di kompress. cara mencari kode CSS sebagai berikut:
masuk ke menu Rancangan Blogger>Edit HTML>centang Expand Template Widget> lalu cari kode css sobat. Kode CSS terletak diantara kode <b:skin><![CDATA[ dan ]]></b:skin> atau diantara <style type='text/css'> dan </style> lalu copy kode CSS tersebut

kompres css, kompres html, cara kompres css

3.  Kembali ke website compressor tadi, paste kode css yang telah sobat temukan tadi ke dalam kotak 'Insert CSS code'

4.  Kemudian klik tombol Compress-it!

5.  Dan hasil Css dari Compress itu anda paste di template blog anda, untuk menggantikan kode css yang belum dikompres. Coba dipratinjau template dulu bila gak ada masalah baru disave.

6.  Selesai.

O,ya bagaimana dengan kode HTML, setelah kita mengkompres kode CSS maka kita juga bisa menkompres kode HTML halaman web/blog. Baik yang ada diwidget yang berisi JavaScript , maupun template blog.

Kode HTML pada template blogger terletak diantara kode seperti ini:

<body>
Disini letaknya kode HTML
</body>

Cara nya sama dengan di atas.

Tools Compress yang bisa sobat gunakan:
  1. www.htmlcompressor.com/
  2. www.digitalcoding.com/tools/compress-html.html
  3. www.textfixer.com/html/compress-html-compression.php
Itulah sedikit pembahasan cara mempercepat loading blog dengan mengoptimalkan file CSS/HTML dengan CSS dan Html Compressor. Itu adalah salah satu cara , masih banyak cara lain yang dapat digunakan yang sudah banyak dibahas di google dan tentunya selalu berkembang setiap saat, semoga artikel ini bermanfaat !

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "CARA MUDAH MEMPERCEPAT LOADING BLOG "

=> Hanya menerima komentar yang berhubungan dengan artikel, atau berupa kritik dan saran yang berhubungan dengan Blog ini.
=> Maaf, komentar SARA, SPAM, Berbau Iklan, Link atau Anonim tidak diizinkan.
=> Terima kasih atas komentar dan kunjungannya di Blog ini. Salam sukses..!